Sumber: Pixabay.com |
Sekolah adalah tempat di mana siswa belajar. Dalam kelas, seringkali kita sebagai guru melihat siswa yang tidak tertarik untuk belajar dan kurang tanggap terhadap apa yang disampaikan oleh pengajar mereka. Sebagai pendidik, kita harus melakukan evaluasi diri dan meningkatkan pembelajaran di kelas karena siswa terkadang bosan dengan model pembelajaran yang berbasis ceramah. Dalam hal ini, ada banyak cara untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas, dan guru memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan minat belajar siswa sehingga mereka merasa nyaman di kelas dan mengetahui apa yang mereka pelajari dengan mudah.
Berikut beberapa cara untuk meningkatkan minat belajar siswa
1. penggunaan media pembelajaran yang menarik untuk setiap subjek yang akan disampaikan.
Media pembelajaran sangat penting untuk meningkatkan minat belajar siswa sekolah dasar, khususnya di kelas rendah karena siswa belum mampu berpikir secara kritis, sehingga guru harus mengajarkan materi dengan cara yang lebih nyata dan kongkrit. Secara didaktis psikologis, media pembelajaran sangat membantu perkembangan psikologis anak dalam hal belajar Hal ini sejalan dengan Rusyan (1993), yang menyatakan bahwa media digunakan dalam proses pembelajaran untuk membuat cara berkomunikasi lebi efektif dan efisien.
2. Merancang media pembelajaran yang efektif dan efisien
Sudah menjadi wacana publik di kalangan pendidik bahwa media merupakan alat bantu mengajar yang efektif dan efisien untuk mencapai tujuan pembelajaran. Guru harus memahami materi pembelajaran yang akan diajarkan, serta media apa yang cocok digunakan sebagai alat bantu untuk menyampaikan materi. Mereka juga harus cerdas dalam menentukan jenis dan macam alat bantu apa yang akan digunakan dalam proses pembelajaran. Hal ini dilakukan karena dalam proses pembelajaran, tidak hanya media materi yang dapat digunakan sebagai alat bantu, tetapi juga media non materi dapat digunakan.
3. Pengimplikasian penggunaan media terhadap pencapaian hasil belajar siswa
hasil belajar siswa pada tingkat pendidikan dasar, dipengaruhi oleh penggunaan media. Telah diketahui bahwa proses pembelajaran di ruang kelas merupakan bagian terpenting dari proses pendidikan secara keseluruhan. Pernyataan tersebut berarti bahwa pencapaian tujuan pendidikan sangat bergantung pada bagaimana guru merancang dan menjalankan proses pembelajaran. Menurut Djamarah (1994:15), proses pembelajaran adalah inti dari kegiatan pendidikan. Proses pembelajaran adalah upaya untuk mencapai tujuan pendidikan. Artinya, tujuan pendidikan tidak dapat tercapai tanpa interaksi belajar-mengajar.
0 comments:
Post a Comment